......


Pages

Saturday, January 14, 2012

TIps menghindari komentar negatif di blog

Halo temen2 semua, maaf nih belum bisa ngasi infor yang bermanfaat soalnya bulan Maret ini saya sama temen2 di sekolah lagi sibuk banget ngurusin dan ngejualin bazaar Paskibra Smansa (Pasma) buat dapet dana untuk LKBB SMP se-Bali yang diadain sama SMA saya, yaitu SMA 1 Denpasar alias Smansa. Lumayan lah belajar jualan di toko2, perusahaan, instansi dll sekalian juga belajar ngomong. Oya yang udah pro jadi sales, bagi2 tips dong cara supaya kalo jualan itu bisa laku jualannya, biar kalo mau bisnis bisa tau cara ngejualin produknya.

Ok, posting kali ini saya mau bahas tips cara menghadapi komentar negatif di blog. Sebelumnya, apa itu komentar negatif?? Komentar negatif adalah komentar yang mengunakan kata2 yang kurang enak didengar/dilihat dan menyakiti perasaan *kalau saya bilang menusuk dihati sad.



Contohnya udah ada di blog saya yang ada di suatu posting saya yang udah lama *mengingat pengalaman pahit pertama kalinya dapet komentar negatif, ini dia contoh komentar negatifnya Marah:




Ada temen blogger saya yang mau ngebantu, tapi tetep aja sama hasilnya...
Temen saya yang ngomen satu ini panggilannya Yudex, alamat blognya http://watuwungkuk.blogspot.com, kunjungi ya

Masih ada lagi lho, tapi sekarang ada temen lagi yang ngebantu...

Dan ini dia temen2 blogger lain yang udah ngebantu saya juga...
Yang ngomen ini alamat blognya http://spaceforallofyou.blogspot.com, Kunjungi ya. Btw ini blog punya Iwan temen satu sekolah SMA saya, dan pernah sekelas pas SMP.

Ada temen lagi satu, alamat blognya http://republik-tawon.blogspot.com, isinya macem2. Infonya unik dan menarik, silahkan dikunjungi ya.

Dan satu lagi, temen satu sekolah saya SMA dan temen sekelas pas SMP, panggilannya Aldy atau Palguna, alamat blognya http://magazinesofthebeginer.blogspot.com. Isinya tentang misteri, info unik dan masih banyak. Coba aja cek sendiri, gak bakal nyesel baca blognya.

Baiklah sekarang anda udah mengetahui seperti apa komentar negatif itu, jadi sekarang saya mau ngasi tau tips2 untuk menghadapi komentar negatif seperti diatas jika kalian mengalaminya di blog anda.

1. Jangan takut dan abaikan aja (cuekin)
 Kalo ada komentar negatif, ya udah walaupun menusuk hati direlakan aja... cuekin/abaikan aja cool komentar negatifnya, biarin sampai si pelaku bosen sendiri ngomen.

2. Tanggapi
Walaupun komentar tersebut negatif, tapi manfaatnya sama seperti komentar negatif yaitu, memacu kita agar bisa lebih baik. Cuman cara penyampaiannya aja yang agak berbeda, jadi silahkan anda boleh tanggapi dengan kata2 seperti misalnya "Terima kasih" dll, soalnya kita semua pasti punya kekurangan, jadi sepantasnya kalau kita berbuat kesalahan happy.
 
3. Jangan dihapus
Biarkan komentar tersebut berada di blog anda, untuk menjadi kenangan dan untuk mengingatkan kita pada kesalahan kita yang sebelumnya. Plus supaya kita gak dibilang pengecut juga bring it on

4. Biarkan pengunjung blog membantu
Seorang blogger pasti memiliki temen blogger lain atau pengunjung setia. Biarkan mereka menanggapi komentar tersebut. Shakehand2 Yeah friendship!

5. Berkunjung balik
Kalau yang berkomentar mempunyai blog, kunjungi balik blognya. TAPI jangan membalas dengan komentar negatif melainkan komentar positif. Agar si pelaku menyadari dan mau meminta maaf kepada kita, sekalian dapet temen baru. Tapi kalau pelakunya Anonymous, seperti yang dikatakan Bodan feat Fade 2 Black "Ya sudahlah..."

Demikian tips2 untuk menghadapi komentar negatif di blog, semoga bisa bermanfaat. Oh iya hampir lupa...

0 comments:

Post a Comment

.,.,


:D

:D
. . .

Cool B themes Slider


 
Copyright © 2010 aldfreeze blog's | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille